Thursday, June 16, 2016

Berita TKI Hongkong Keluhkan Lambatnya Proses Pembuatan Paspor

Proses Pembuatan Paspor
Berita TKI Hongkong, Banyak Tenaga Kerja Indonesia di Hongkong yang keluhkan tentang lambatnya proses pembuatan paspor. Keluhan tersebut disampaikan TKW Hongkong saat bertemu Menlu RI, Retno LP Marsudi dan Menkumham RI, Yasonna Laoly di Hongkong Kamis (16/06/2016). Dalam pertemuan tersebut TKI Hongkong diwakili oleh 50 orang dari organisasi TKI yang ada di Hongkong.

Terutama paska diterapkannya SIMKIM (Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian), pembuatan paspor menjadi lamban. Dalam proses pembuatan paspor WNI diharuskan untuk datang 2 kali ke perwakilan Indonesia.

Keluhan lain yang disampaikan TKI Hongkong adalah perihal terjadinya penahanan sejumlah TKI oleh pihak otoritas Hongkong. Penahanan tersebut terjadi akibat perubahan data paspor baru paska penerapan SIMKIM.

Terkait keluhan tersebut, Yosana sebagai Menkumham RI menjelaskan mengenai alasan penerapan SIMKIM. “Penerapan SIMKIM adalah upaya pemerintah membuat keamanan proses pembuatan paspor lebih baik, dan agar paspor Indonesia memenuhi standar internasional,” jelasnya.

Menlu Rento juga menegaskan kembali komitmen pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, termasuk BMI. Retno juga menjelaskan kedatangannya ke Hongkong bersama Menkumham adalah untuk segera mengambil langkah-langkah strategis mengatasi dampak sampingan dari penerapa SIMKIM.

Mengenai masalah yang menjadi keluhan TKI Hongkong ini Menlu Retno menjelaskan sudah menemukan solusi untuk mempercepat proses pembuatan dan perpanjangan paspor. Baca juga Cara Membuat Paspor dan Perpanjangan Paspor Online. Terkait lambatnya proses pembuatan paspor Menlu Retno sudah mempunyai 3 langkah strategis untuk mengatasinya.

Pertama, Menlu dan Menkumkam sudah bertemu dengan pihak otoritas di Hongkong untuk menjelaskan tentang masalah yang sedang terjadi. Menlu dan Menkumham menjelaskan terkait SIMKIM perubahan data paspor baru dan agar tidak menahan atau meng kriminalisasi WNI akibat perubahan data paspor.

Kedua, Menlu dan Menkumham akan mengirimkan tim perbantuan teknis dari kemenlu dan imigrasi untuk melakukan percepatan pembuatan paspor. Dan ketiga pembuatan paspor akan disederhanakan sehingga WNI cukup 1 kali saja datang ke KJRI.

Untuk melakukan 3 langkah strategis tersebut Menlu akan meminta KJRI melakukan sejumlah inovasi teknologi dalam rangka mempermudah pelayanan. Dalam pertemuan ini salah satu advokasi buruh migran Indonesia di Hong Kong, Sringatin menyampaikan sangat senang atas kedatangan Menlu dan Menkumham. “Kami sangat senang, karena ini adalah pertemuan langsung pertama Menteri Luar Negeri dengan BMI di Hong Kong setidaknya dalam 13 tahun terakhir,” ujarnya.
Berita TKI Hongkong Keluhkan Lambatnya Proses Pembuatan Paspor Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Om Charli
Berita TKI
Kumpulan Berita TKI Terbaru Hari Ini - Berita-tki.com Updated at: 9:56:00 PM

0 komentar:

Post a Comment